Matriks QSPM

Matriks QSPM

Analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) merupakan alat analisis yang menentukan nilai daya tarik dari berbagai strategi yang didasarkan atas seberapa jauh faktor-faktor keberhasilan kunci kritis eksternal dan internal dimanfaatkan. Daya tarik tarik relatif dari masing-masing strategi dihitung dengan menentukan dampak kumulatif dari faktor keberhasilan kritis internal dan eksternal.

Analisis matriks (QSPM) digunakan untuk mengevaluasi strategi secara objektif berdasarkan faktor-faktor sukses utama internal-eksternal.

            QSPM (Quantitative Strategies Planning Matrik) adalah alat untuk melakukan evaluasi pilihan strategi alternatif secara objektif, berdasarkan key success faktor internal dan eksternal yang telah diidentifikasi sebelumnya. Tujuan QSPM adalah untuk menetapkan ketertarikan dari strategi-strategi bervariasi yang  telah di rumuskan pada analisis SWOT. QSPM merupakan alat analisis yang menetapkan pilihan yang paling menarik atau secara konseptual disebut sebagai upaya memilih relative attractives.

Matrik QSPM digunakan untuk mengevaluasi dan memilih strategi terbaik yang paling cocok dengan lingkungan internal dan eksternal yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Alternatif strategi yang memiliki nilai total terbesar pada matrik QSPM merupakan strategi yang paling baik untuk dapat diterapkan pada organisasi atau perusahaan. Analisis QSPM  merupakan analisis tahap akhir yang digunakan dalam menentukan pilihan prioritas strategi pemasaran. Matrik QSPM (Quantitative Strategies Planning Matrik) prioritas strategi pemasaran dapat dilihat pada Tabel 7.

Matriks QSPM adalah matriks yang digunakan pada tahap decision stage untuk melihat tingkat relatif dari berbagai alternatif yang dapat dilaksanakan hasil dari the matching stage. QSPM menggunakan input dari tahap pertama (input stage) dan tahap kedua (the matching stage) yang memberikan informasi bagi tahap ketiga (the decision stage) (David, 2004). Enam langkah penyusunan matriks QSPM adalah sebagai berikut :

  1. Membuat daftar peluang/ancaman eksternal dan kekuatan/kelemahan internal kunci perusahaan pada kolom kiri dalam QSPM. Informasi ini diperoleh dari matriks EFE dan IFE.
  2. Berikan bobot untuk masing-masing faktor internal dan eksternal (bobot yang diberikan sama dengan bobot pada matriks EFE dan IFE).
  3. Evaluasi matriks tahap 2 (pencocokan) dan identifikasi alternatif strategi yang harus dipertimbangkan organisasi untuk diimplementasikan.
  4. Tentukan nilai daya tarik (Attractive Scores-AS) didefinisikan sebagai angka yang mengindetifikasikan daya tarik relatif masing-masing strategi dalam setiap alternatif tertentu.
  5. Hitung total daya tarik (Total Attractive Score-TAS) yang diperoleh dengan mengalikan bobot dengan attratctive scores, dan
  6. Hitung penjumlahan total nilai daya tarik. Nilai TAS yang tertinggi menunjukan bahwa strategi tersebut merupakan strategi terbaik untuk diprioritaskan.

            QSPM (Quantitative Strategies Planning Matrik) adalah alat untuk melakukan evaluasi pilihan strategi alternatif secara objektif, berdasarkan key success faktor internal dan eksternal yang telah diidentifikasi sebelumnya. Tujuan QSPM adalah untuk menetapkan ketertarikan dari strategi-strategi bervariasi yang  telah di rumuskan pada analisis SWOT. QSPM merupakan alat analisis yang menetapkan pilihan yang paling menarik atau secara konseptual disebut sebagai upaya memilih relative attractives.

Matrik QSPM digunakan untuk mengevaluasi dan memilih strategi terbaik yang paling cocok dengan lingkungan internal dan eksternal yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Alternatif strategi yang memiliki nilai total terbesar pada matrik QSPM merupakan strategi yang paling baik untuk dapat diterapkan pada organisasi atau perusahaan. Analisis QSPM  merupakan analisis tahap akhir yang digunakan dalam menentukan pilihan prioritas strategi pemasaran. Matrik QSPM (Quantitative Strategies Planning Matrik) prioritas strategi pemasaran dapat dilihat pada Tabel 7.

Tabel 7. Matrik Quantitative Strategic Planning Prioritas Strategi Pemasaran

 

Faktor

Kunci

 

Bobot

Alternatif Strategi

 

Strategi

I

 

Strategi

II

 

Strategi III

Faktor - Faktor

Kunci Internal

 

AS

TAS

AS

TAS

AS

TAS

Total Bobot

 

 

 

 

 

 

 

Faktor - Faktor

Kunci Eksternal

 

 

 

 

 

 

 

Total Bobot

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Total

Nilai Daya Tarik

 

 

 

 

 

 

Sumber : David, 2004

Keterangan :

AS  : Attractive Scores adalah angka yang mengindetifikasikan daya tarik relatif masing-masing strategi dalam setiap alternatif tertentu.

TAS : Total Attractive Scores adalah total daya tarik yang diperoleh dari hasil mengalikan bobot dengan Attractive Scores.

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar